Buah-buahan, Info Sehat

Jeruk, si Buah Istimewa Peningkat Imunitas Tubuh

Dalam masa pandemi COVID-19 saat ini kita harus selalu menerapkan protokol kesehatan 5 M yaitu: Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Menghindari Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas. Selain dari usaha menerapkan protokol tersebut, kita juga bisa berusaha untuk meningkatkan sistem imun tubuh dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan yang menyehatkan seperti sayur dan buah. Salah satu jenis buah-buahan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh adalah jeruk.

Nah, teman Karanjang bisa memesan langsung buah jeruk di web Karanjangsayur.com ya.

Nutrisi dalam Buah Jeruk
Buah jeruk telah lama dikenal luas sebagai buah yang paling disukai di dunia. Tidak hanya disukai karena rasanya yang manis, asam dan menyegarkan, buah jeruk juga memiliki kandungan nutrisi yang berguna bagi manusia seperti vitamin C.

Namun selain vitamin ternyata jeruk juga memiliki kandungan nutrisi dan non nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan serta memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit. Buah jeruk mengandung karbohidrat, serat, vitamin C, kalium, folat, kalsium, thiamin, niasin, vitamin B6, fosfor, magnesium, tembaga, riboflavin, asam pantotenat dan berbagai fitokimia.

Selain itu konsumsi jeruk secara teratur dapat membantu mengurangi risiko kanker, penyakit kardiovaskular, anemia, cacat lahir, dan katarak.

Vitamin C Dalam Buah Jeruk
Kebanyakan orang yang terkena flu biasanya langsung mengonsumsi vitamin C. Hal ini dikarenakan Vitamin C adalah nutrisi penting yang berperan penting dalam tubuh. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat menetralkan senyawa radikal bebas dan membantu mencegah serta memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh senyawa ini.

Satu buah jeruk mengandung kurang lebih 50 mg vitamin C (bergantung pada jenisnya). Jika anda ingin melakukan pencegahan penyakit maka konsumsi 2-4 buah jeruk (setara dengan 100-200 mg vitamin C/hari) per hari dapat dilakukan.

Vitamin B6 Dalam Buah Jeruk
Vitamin lain yang terkandung dalam buah jeruk yakni vitamin B6 atau piridoksin – walau kadarnya memang tak begitu signifikan. Vitamin ini juga berperan dalam penggunaan energi makanan serta diperlukan pula dalam produksi hemoglobin atau protein di dalam sel darah merah.

Setiap 100 gram buah jeruk mengandung vitamin B6 dengan kadar 0,1 miligram – mencukupkan kebutuhan harian tubuh sekitar 3%.

Itulah teman Karanjang sedikit informasi tentang kandungan nutrisi dan vitamin dalam buah jeruk yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh di dalam masa pandemi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan